Jumat, 10 Desember 2010

Waktu yang terlalu cepat berlalu #random

Dibuat: 10 Desember 2010 jam 7:21

selamat Natal tweechz..

Mungkin ada yang bingung kok belum tanggal 25 desember sudah ada ucapan selamat Natal. well, dari sisi makna, banyak yang terjebak dalam pemikiran2 seperti ini.. so, mereka hanya 'bertobat' saat Natal, menyesali dosa hanya disaat Paskah, memberikan kasih sayang secara maximal hanya tanggal 14 februari, kepada Papa & Mama hanya ditanggal 22 desember or 19 juni, menaruh perhatian kepada teman2 yang terkena aids hanya pada 1 desember, memperkuat sisi nasionalisme hanya 17 agustus or 28 oktober, saling memaafkan hanya dihari raya Idul Fitri.. dan seterusnya..

Well itu bukan berarti manusianya yang terlalu 'cuek' or 'jahat'.. contoh2 diataspun agak sedikit 'lebay' sebetulnya, tapi secara tidak langsung karena terbawa dalam tradisi - menjadi pola pikir - sehingga banyak teman2 yang cenderung berbuat dan merasa seperti itu.. So, dalam kesempatan ini, jus wanna say, jangan membatasi God.. Dia bisa membuat setiap hari kita indah, seburuk apapun kejadian yang menimpa kita, even dipagi hari, dimana kita mengawali hari, ada kejadian buruk, bukan berarti sepanjang hari akan semakin memburuk. 'bad hair' mungkin ada :) tapi didalam Tuhan kita tidak mengenal istilah 'bad day' (y)
Itu artinya, hari2 baik yang saya sebutkan diatas harusnya terjadi setiap hari..tanggal2 yang ditetapkan hanyalah untuk mengingat dan merayakan, tetapi pelaksanaanya tidak dibatasi oleh apapun..

So.. Natal menjadi setiap hari, setiap saat, dimanapun, kapanpun seseorang membuka hatiNya menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat pribadinya, means Yesus lahir dihatinya.. Surga berpesta.. itulah NATAL. itulah makna Natal yang sesungguhnya :)

Bulan ini cukup menarik untuk saya pribadi. Doa saya, saya ingin sekali memperbanyak pelayanan di acara Natal.. tapi saya sadar, 'job' apapun yang God berikan, itu adalah pelayanan. dimanapun, dan dengan siapapun.
So..indigo awards kemarin menjadi sangat menarik, esp karena mungkin untuk pertama kalinya musisi2 yang terlibat bisa benar2 menjadi bagian dari sebuah acara - dengan cukup maximal. thank God.
Bulan ini juga dokter Tompi launching album terbaru..yang sebelum launching sudah laku keras katanya. well..masih menunggu Trisum launching, TriFingers selesai, dan esp untuk YES!...mohon doanya supaya cepat rilis teman2... amen O:)
*untuk jadwal2 lainnya, silahkan lihat di fanpages yesaya wilander soemantri.


Mungkin sudah cukup banyak yang mengatakan hal semacam ini "tidak terasa sudah bulan terakhir ditahun 2010.." "waktu berlalu begitu cepat.."

Well kalau direnungkan & dirasakan...benar teman2, waktu berlalu sangat cepat..terlalu cepat...
Perasaan baru merasa bahagia jadi anak kecil bersama kedua orangtuanya, Perasaan belum lama orang2 takut memasuki tahun 2000 karena takut listrik mati.. Perasaan belum lama menggunakan telepon selular biasa, Perasaan belum lama kalau mau buka Friendster harus di komputer, buka facebook bisa pakai web di HP, tapi agak lama.. Perasaan belum lama ini Manchester United begitu hebat dengan formasi juaranya.. dan masih banyak perasaan2 serupa lainnya.

*tentu saja, ditinggalkan orang-orang yang kita kasihi, dan figur2 terkenal lainnya  juga sulit dilupakan, kebersamaan bersama mereka juga terasa seperti 'baru kemarin'.. then, statementnya om Gilbert Lumoindong sangat berkesan untuk saya; "tugasnya sudah selesai, mahkota tersedia, rumahnya (di surga) sudah jadi".. so..ini sedikit membuat tenang.. kalaupun menangis, air matanya adalah air mata sukacita dalam pengharapan, kelegaan, dan ucapan syukur :')

Sometimes kalau sedang mellow.. #menye, sering flashback, mengenang kejadian2 yang sudah terjadi..musik yang saya mainkan dari kecil, settingan drum yang selalu berubah-ubah, semua penyanyi & musisi yang pernah bermain bersama, thank God sudah ada youtube, facebook, dunia foto juga semakin canggih, sehingga beberapa dari kenangan itu bisa diabadikan & disebarluaskan, meskipun tidak semuanya.

Waktu memang terlalu cepat berlalu, dan dari kesimpulan ini saya simpulkan juga bahwa belajar itu tidak ada habisnya.. hidup itu proses, salah satunya proses untuk belajar. waktu yang terlalu cepat berlalu membuat kita terus belajar dan SEHARUSNYA tidak akan pernah merasa cukup atau puas, karena selalu ada perbandingan dengan kehidupan dimasa lalu.
Ada saatnya dimana kita sudah merasa cukup pintar, dewasa, cukup 'benar' dibandingkan dulu..dan kalau mengingat kejadian2 yang sudah lewat, (biasanya kejadian yang kurang menyenangkan), kita pasti malu.. tapi terkadang memori itu tidak bisa dilupakan. satu2nya jalan terbaik adalah jadikan pengalaman & selalu tersenyum karena percaya God mengijinkan hal 'memalukan' itu terjadi untuk maksud & tujuan yang baik.

Intinya..jangan pernah berlarut dalam penyesalan akan kesalahan dimasa lalu. pengalaman saya, sometimes penyesalan yang berlebihan bisa membuat kita mengulangi atau bahkan membuat kesalahan yang lebih buruk lagi.. so, tanamkan ini dalam hati kita, God itu maha pengampun, sekali kita minta ampun, Dia pasti mengampuni.

*anyway sabarnya God terlalu panjang teman2.. tanpa bermaksud merasa yang paling benar, saya sering melihat 'kok God sabar banget ya sama orang ini, jelas2 munafik, bermuka dua, kejahatannya banyak dan ga tobat2, tapi kok hidupnya masih diberkati.. dan pasti banyak teman2 yang pernah berpikir sama seperti saya; akhirnya saya dapat jawabannya.
1. itu urusannya God utk memberikan berkat & mengijinkan apapun terjadi
2. sekali lagi itu menunjukkan God panjang sabar...dan waktuNya selalu yang terbaik, baik waktu untuk memberikan berkat maupun waktu untuk mengijinkan 'peringatan' untuk orang yang dikasihiNya.


Kemarin baru saya twit.. sometimes dalam sebuah komunitas, yang terpenting bukanlah ada uang, ketenaran atau bahkan sekedar kekompakan, tapi ada rasa saling menghargai.
Dalam hidup ini juga kalau kita bisa saling menghargai & menghormati, minimal keributan & kesalahpahaman pasti akan sangat banyak berkurang. karena dengan saling menghargai, seburuk apapun orang itu atau karyanya, kita masih bisa melihat sisi positifnya..dan disisi lain kita juga bisa berkaca akan kapasitas diri kita sendiri.
Yakobus 3:1 "Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat."  -bisa diartikan secara luas untuk tidak menjadi orang yang berjiwa menggurui - mengkritik ataupun mudah mengomentari.


So..dengan semakin cepatnya waktu berlalu, tidak ada pilihan lain teman2..kita harus terus berusaha menjadi yang terbaik, hidup ini jangan setengah2, jangan memperbanyak alibi untuk hidup dalam zona nyaman, alih-alih merupakan sebuah kemalasan untuk maximal.. hidup dalam Tuhan berarti terus berlomba untuk mengejar mahkota yang sudah DisediakanNya, dan..hidup dengan hati yang tulus..saling menghargai.
Ingat, tidak semuanya didunia ini harus dijadikan kompetisi..jangan menganggap semuanya adalah perlombaan. dan..ingat, hidup ini adalah anugerah..hal sekecil apapun yang God ijinkan terjadi, semuanya adalah anugerah. berkat dan anugerahNya bukan barang pasaran teman2, semua yang God berikan untuk kita special dan khusus.. tidak ada alasan untuk tidak mensyukurinya.


Selamat Natal tweechz..damai sejahtera dan kasih sayang God beserta selalu.
dan, karena kemungkinan besar ini adalah catatan terakhir ditahun 2010, jws Selamat Tahun Baru.

Semoga bulan Desember yang indah ini bisa berlangsung lebih lama lagi :)

GBU all




Diambil dari: Echa Wilander Soemantri @ Facebook Note

1 komentar: